Home / Profil Prodi Ekonomi Syariah

Profil Prodi Ekonomi Syariah

Profil Jurusan Ekonomi Syariah

unduhanJurusan/Program Studi Ekonomi Syariah merupakan program studi yang dirancang untuk mempersiapkan tenaga profesional yang handal dibidang ekonomi, keuangan dan bisnis syariah. Program studi ini lahir dengan latar belakang kebutuhan akan pelaksana operasional perbankan syariah, lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya seperti asuransi syariah, pegadaian syariah, koperasi syariah dan lembaga pengelola zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF), dan kebutuhan munculnya para entrepreneurship/wirausahawan yang akan menjalankan perekonomian syariah di sektor riil serta kebutuhan tenaga konsultan dan peneliti di bidang ekonomi Islam. Oleh karena itu, Jurusan Ekonomi Syariah lahir untuk menjawab tantangan akan kebutuhan tenaga terampil yang memiliki kompetensi dalam dunia perbankan syariah, lembaga-lembaga keuangan syariah, maupun sebagai  pelaku ekonomi syariah.

Jurusan/Program Studi ini berdiri dan dioperasionalkan pertama kali pada Tahun Akademik 2003/2004 dengan siswa sebanyak 40 orang  bernama Jurusan Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Islam didirikan berdasarkan hasil usulan Fakultas Syariah dalam rangka Pengembangan Fakultas yang diajukan kepada Senat IAIN Antasari dan disetujui oleh Senat IAIN Antasari pada tanggal 7 April 2003 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor IAIN Antasari Banjarmasin Nomor 83 Tahun 2003 sambil menunggu izin resmi dari Departemen Agama RI. Drs. H.M. Nur Maksum terpilih sebagai Ketua Jurusan Ekonomi Islam yang pertama dan Bahran, SH sebagai sekretaris. Jurusan Ekonomi Islam sekarang telah terakreditasi berdasarkan SuratKeputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (SK BAN-PT) Nomor: 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 tanggal 3 Desember 2010.
Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Antasari Banjarmasin Jurusan/Program Studi Ekonomi Islam berubah nama menjadi Jurusan/Prodi Ekonomi Syariah.
Jurusan/Program Studi Ekonomi Syariah didukung 11 orang dosen program studi yang seluruhnya bersertifikat pendidik profesional, terdiri dari 1 orang dosen bergelar profesor doktor, 2 orang dosen bergelar doktor, 1 orang sedang menempuh program doktor di luar negeri, 7 orang dosen bergelar magister, 1 orang sedang menyelesaikan S2, dan selebihnya didukung pula oleh para dosen lintas program studi yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang berasal dari  lulusan dalam dan luar negeri.
Jurusan/Program Studi Ekonomi Syariah memiliki  6 buah lokal perkuliahan. Dalam upaya memperlancar proses administrasi perkantoran dan pelayanan mahasiswa, terdapat 1 ruangan Program Studi dengan luas 4 m x 8 m yang diperuntukkan bagi Ketua dan Sekretaris Jurusan/Prodi, dan staf jurusan serta ruang administrasi yang dilengkapi dengan fasilitas 3 set perangkat komputer, 3 printer, 2 laptop, 4 meja kerja, 1 set meja-kursi tamu,5 buah lemari, 1 buah filling cabinet, dan 1 meja kerja guru besar. Ruang kantor dilengkapi dengan seperangkat peralatan kantor antara lain, air conditioner (AC), kipas angin, telepon, dan jaringan internet kabel dan wi-fi. Kesemuanya dipersiapkan dalam upaya mempermudah dan mempercepat proses kerja dan terciptanya pelayanan prima. Seluruh peralatan yang ada dalam kondisi baik, terawat dan milik sendiri.
Dengan dijiwai oleh visi “Unggul dalam Pengembangan Studi Ekonomi Islam Tahun 2020”, program studi ini terus bergerak maju meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk menyongsong kelahiran Universitas Islam Negeri Antasari. Adapun misi utama yang diemban untuk mencapai visi tersebut adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing internasional; mengembangkan riset ekonomi Islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; melaksanakan pengabdian dalam upaya mengembangkan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat muslim; dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah, baik dalam maupun luar negeri.

VISI

 

Kompetitif, Unggul, dan Berakhlak dalam Pengembangan Studi Ekonomi Islam di Regional Kalimantan dan Indonesia Timur Tahun 2025

 

MISI

  1. 1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang unggul, berakhlak Islami, dan berdaya saing sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan.

  2. 2. Mengembangkanilmu ekonomi Islam melalui risetyang relevan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebutuhan pemangku kepentingan.

  3. 3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam upaya mengembangkan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi Islam.

  4. Mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah di dalam dan luar negeri terkait kajian pengembangan studi ekonomi Islam.

 

TUJUAN

  1. 1. Melahirkan lulusan/alumni yang unggul, berakhlak mulia, profesional bidang ekonomi Islam secara khusus dalam konsentrasi akuntansi syariah, manajemen syariah, dan keuangan dan ekonomi publik syariah, serta mampu mengembangkan ilmu ekonomi Islam.

  2. 2. Melahirkan lulusan/alumni yang berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi Islam.

  3. 3. Mewujudkan keterlibatan dosen dalam pengembangan ilmu ekonomi Islam melalui riset yang relevan dan pengabdian masyarakat

 

Jurusan/Prodi Ekonomi Syariah bertujuan mewujudkan profesional yang mampu mengembangkan dan mengimplementasikan Ilmu Ekonomi Islam, berakhlak mulia, dan mempunyai pengetahuan dan pemahaman terhadap nilai-nilai syariah. Berbekal kompetensi yang dimiliki, lulusan program studi ini memiliki prospek profesi sebagai:1. 

1. Profesional di lembaga ekonomi, keuangan dan bisnis syariah, seperti bank syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, koperasi syariah, hotel syariah, dan lembaga pengelola zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF).

2. Wirausahawan yang mampu mendirikan, mengelola, dan mengembangkan bisnis berdasarkan nilai-nilai syariah

3. Tenaga peneliti, konsultan, dan pelaksana di berbagai lembaga ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Sejak berdirinya, Jurusan Ekonomi Syariah tetap konsisten menyiapkan sarjana muslim yang berakhlak mulia, serta memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Jumlah alumni Jurusan/Program Studi Ekonomi Syariah sejak dibuka tahun Tahun Akademik 2003/2004 sampai saat ini sudah mencapai 500 an.