Home / Profil Prodi Perbandingan Hukum dan Mazhab

Profil Prodi Perbandingan Hukum dan Mazhab

Profil Jurusan Perbandingan Mazhab (PM)

Jurusan/Program Studi Perbandingan Mazhab pada Fakultas Syariah dan Ekonomi IslamIAIN Antasari Banjarmasin telah diselenggarakan sejak tahun 1998 dengan nama Jurusan Perbandingan Hukum dan Mazhab (PHM). Surat Keputusan Rektor IAIN Antasari No. 41 Tahun 1999 memberikan dasar yuridis pendirian jurusan ini. Tetapi, jurusan ini sesungguhnya merupakan kelanjutan Jurusan Perbandingan Mazhab (Perma) yang pada tahun 1984 tidak menerima mahasiswa baru lagi. Ketua Jurusan Perbandingan Mazhab (Perma) yang pertama pada waktu itu adalah Drs. H. Husaini. Sebagai Sekretaris Jurusan adalah Dra. Hj. Masyithah Umar, M. Hum yang kemudian menjadi Ketua Jurusan Perbandingan Hukum dan Mazhab (PHM) ketika jurusan ini diselenggarakan kembali pada tahun 1998.

Jurusan ini selanjutnya diusulkan untuk mendapatkanpersetujuan dariDirektur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Usul tersebut telah ditanggapi dengan sangat positif, sehingga Dirjen Kelembagaan Agama Islam mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: Dj.II/26 Tahun 2003 tentang penyelenggaraan program studi jenjang strata satu IAIN Antasari Banjarmasin, yang didalamnya termasuk eksistensi Jurusan PHM ini dengan Program Studi Perbandingan Hukum dan Mazhab (PHM) Program Sarjana (S1) Fakultas Syariah. Pada tahun 2000, untuk pertamakalinya Jurusan Perbandingan Hukum dan Mazhab (PHM) diakreditasi dan mendapatkan predikat B.

Pada tahun 2008, Jurusan/Prodi Hukum dan Mazhab (PHM) mendapat izin penyelenggaraan jurusan/prodi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj.I/Dt.I.IV/1/PP.00.9/1268/08 dengan sedikit perubahan nama menjadi Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH). Berbekal surat perpanjangan izin penyelenggaraan ini, jurusan/prodi PMH mengajukan uji penilaian atau akreditasi jurusan/prodi dan pada tahun 2009. Setelah melalui tahapan penilaian assesor, maka Jurusan/Prodi PMH kembali terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 001/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2009, berlaku 5 tahun sejak tanggal 14 Maret 2009 sampai dengan 14 Maret 2014.

Pada tahun 2012, mengacu kepada Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1429 Tahun 2012 tentang Penataan Program Studi di Perguruan Tinggi Agama Islam Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH)  secara resmi berubah nama menjadiJurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM).

Jurusan/Program Studi Perbandingan Mazhab (PM) Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari didukung 12 orang dosen program studi yang hampir seluruhnya bersertifikat pendidik profesional, terdiri dari 4 orang dosen bergelar doktor, 8 orang dosen bergelar magister, selebihnya didukung pula oleh para dosen lintas Program Studi yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang berasal dari  lulusan dalam dan luar negeri.

Sejak berdirinya, banyak pembenahan telah dilakukan terhadap Program Studi ini, mulai dari kurikulum (software), sarana dan prasarana belajar (hardware), penambahan tenaga SDM berupa dosen dan sumber daya manusia pendukung lainnya (brainware). Pada Tahun Akademik 2003/2004, misalnya, pada prodi PHM ini telah dibuka kelaskhusus, yaitu perkuliahan dengan bahasa pengantar Bahasa Arab. Dengan kebijakan ini diharapkan alumni yang dihasilkan akan mampu bersaing di taraf internasional.

Sarana dan prasarana Program Studi Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM)sebagai bagian dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari memiliki satu buah gedung berlantai dua. Dalam upaya memperlancar proses administrasi perkantoran dan pelayanan mahasiswa, terdapat 1 ruangan Program Studi dengan luas 4 m x 4 m yang diperuntukkan bagi Ketua dan Sekretaris Jurusan, staf jurusan serta  ruang administrasi yang dilengkapi dengan fasilitas 2 set perangkat komputer,1 printer, 3 meja kerja, dan sebuah filling cabinet, dan 1 set meja-kursi tamu. Ruang kantor dilengkapi dengan seperangkat peralatan kantor antara lain: air conditioner (AC), kipas angin, telepon, dan jaringan internet kabel dan wi-fi. Kesemuanya dipersiapkan dalam upaya mempermudah dan mempercepat proses kerja dan terciptanya pelayanan prima. Seluruh peralatan yang ada dalam kondisi baik, terawat dan milik sendiri.

Visi Program Studi Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM) adalah:”Unggul dalam Bidang Perbandingan Mazhab”.

Adapun Misi Program Studi Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM) adalah:

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang integratif dalam ilmu syariah, khususnya di bidang perbandingan mazhab/aliran pemikiran hukum

2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian keilmuan syariah dan hukum dalam konteks perbandingan mazhab/aliran pemikiran hukum

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil proses pembelajaran dan penelitian dalam upaya memberi perhatian serius dalam implementasi syariah Islam, khususnya bidang perbandingan mazhab/aliran pemikiran hukum dalam konteks keindonesiaan sekaligus kemodernan.

4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah nonpemerintah, baik dalam maupun luar negeri.

Berpedoman pada visi dan misi tersebut, tujuan penyelenggaraan Program Studi Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM) adalah:

1. Menghasilkan sarjana di bidang perbandingan mazhab yang memiliki kemampuan akademik yang integratif, interkonektif, dan profesional yang berlandaskan iman, takwa, dan akhlak mulia.

2. Menjadi Kiblat di bidang perbandingan mazhab.

3. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu perbandingan mazhab dan hukum untuk meningkatkan harkat kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.

4. Membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Profil lulusan yang ingin dicapai adalah mampu menjadi akademisi, peneliti, advokat/pengacara, hakim peradilan agama, dan tenaga ahli di bidang fatwa. Agar profil lulusan ini dapat dicapai, maka ditetapkan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang alumnus, yaitu:

1. Menguasai konsep-konsep, teori-teori dalam menafsirkan ayat-ayat hukum dan hadis-hadis hukum;

2. Menguasai teori istinbath hukum;

3. Mengetahui teori dan aplikasi perbandingan mazhab dan hukum;

4. Mengetahui materi hukum Islam dalam pemikiran fukaha dan mampu mengomparasikannya;

5. Memahami perkembangan hukum Islam di Indonesia;

6. Menguasai logika dalam menyelesaikan kasus hukum;

7. Menguasai logika dalam menyelesaikan kasus hukum;

8. Mampu mengomparasikan antara hukum Islam dan hukum positif di Indonesia;

9. Mengetahui perkembangan mutakhir hukum Islam;

10. Menguasai hukum formil dalam bidang perdata dan pidana;

11. Menguasai hukum dan perundang-undangan di Indonesia

12. Memiliki legal reasoning yang lurus dan kuat;

13. Menguasai konsep-konsep utama, perspektif teoritis, temuan empiris, dan trend historis dalam hukum Islam;

14. Memahami dan menerapkan metode penelitian hukum, termasuk rancangan penelitian, analisis data, dan interpretasinya.

Pada awal dibuka sampai 30 Juni 1986 alumni Jurusan Perbandingan Mazhab (Perma) tercatat sebanyak 27 orang.Sedangkan sejak dibuka kembali tahun 1998 sampai akhir semester ganjil Tahun Akademik 2013/2014 alumni Jurusan/Prodi Perbandingan Mazhab (PM) berjumlah 173 orang.