Home / Profil Prodi Perbankan Syariah

Profil Prodi Perbankan Syariah

Profil Jurusan/Program StudiS1 Perbankan Syariah (PS)

Keinginan sebagian masyarakat muslim untuk menjalankan syariat Islam dalam segala aspek kehidupansemakin kencang, termasuk dalam hal bermuamalah, yang ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan bank-bank syariah yang menerapkan prinsip-prinsip syariat Islam, sehinggadiperlukan tenaga Perbankan Syariah maupun Lembaga Keuangan Syariah yang profesional. Melihat realitas masyarakat dan peluang yang ada, Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin pada tahun 2003 membuka Program Studi Diploma Tiga Perbankan Syariah.

Keberadaan Program Studi Diploma Tiga Perbankan Syariah ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat terbukti dengan peminatnya yang cukup besar dan sebagian tidak tertampung mengingat keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki. Yang menggembiran sebagian besar alumni terserap dan diterima sebagai tenaga kerja di berbagai tempat. Sementara itu, beberapa alumni ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk menjawab hal tersebut, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sejak penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2008/2009 membuka jurusan baru, yaitu Jurusan/Program Studi Perbankan Syariah.

Pembentukan Jurusan S1 Perbankan Syariah pertama-tama mengacu kepada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor : Dj.I/306/2008 tentang izin Pembukaan Program Studi S1 Pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Tahun 2008 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. 4 September 2008. Selanjutnya, Izin Operasional diberikan berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 33 Tahun 2012  tanggal 29 Februari 2012.

Jurusan/prodi Perbankan Syariah Islam didukung 14 orang dosen yang sebagian besar bersertifikat pendidik profesional, terdiri dari 1 orang dosen bergelar Profesor Doktor, 1 orang dosen bergelar Doktor, 12 orang dosen bergelar magister, selebihnya didukung pula oleh para dosen lintas Program Studi yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang berasal dari  lulusan dalam dan luar negeri.

Jurusan/prodiPerbankan Syariah memiliki enam buah lokal perkuliahan. Dalam upaya memperlancar proses administrasi perkantoran dan pelayanan mahasiswa, terdapat 1 ruangan Program Studi dengan luas 8 m x 4 m yang diperuntukkan bagi Ketua dan Sekretaris Jurusan, dan ruang administrasi yang dilengkapi dengan fasilitas 3set perangkat komputer, 2 printer, 4 meja kerja, 3 buah lemari, dan 1 set meja-kursi tamu. Ruang kantor dilengkapi dengan seperangkat peralatan kantor antara lain: air conditioner (AC), kipas angin, telepon, jaringan internet kabel dan wi-fi. Kesemuanya dipersiapkan dalam upaya mempermudah dan mempercepat proses kerja dan terciptanya pelayanan prima. Seluruh peralatan yang ada dalam kondisi baik, terawat dan milik sendiri.

Visi Jurusan/Program Studi Perbankan Syariah adalah ”Unggul dalam pengembangan bidangperbankan syariah”.

Berdasarkan visi di atas, maka misi Jurusan/Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidangperbankan syariah

2. Mengembangkan jiwa wirausaha yang mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia usaha yang dinamis.

3. Melaksanakan penelitian yang menunjang pengembangan bidangperbankan syariah

4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pengasahan kepekaan terhadap masalah sosial ekonomi yang berorientasi syariah

5. Melaksanakan kerjasama dengan perbankan syariah dan lembaga terkait.

Berpedoman pada visi dan misi tersebut, tujuan Jurusan/Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang dan perbankan syariah berbasis komputer sehingga menjadi profesional yang mampu beradaptasi di era globalisasi.

2. Menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha sehingga mampu membuka kesempatan kerja

3. Mengembangkan kemampuan dosen dalam proses pembelajaran sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing.

4. Mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas.

5. Mengembangkan kerjasama dengan perbankan syariah dan lembaga terkait.

6. Mampu bersikap profesional dan beretika dalam bekerja.

Profil lulusan yang ingin dicapai adalah mampu menjadi akademisi, peneliti, tenaga ahli, konsultan, praktisi, manajer, penggerak,inovator bank syariah, analis keuangan dan investasi bank syariah.Agar profil lulusan tersebut dapat dicapai, maka ditetapkan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang alumni, yaitu:

1. Memahami akad transaksi syariah secara komprehensif serta penerapannya dalam mendesain, mengoperasionalisasikan dan memasarkan produk dan jasa bank syariah.

2. Terampil dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan pengembangannya pada produk dan jasa bank syariah.

3. Terampil dalam menyusun, menganalisis, dan mengaudit laporan keuangan bank syariah serta melakukan evaluasi terhadap kinerja bank syariah.

4. Menguasai teori keuangan dan implementasinya dalam mendesain produk bank syariah yang kompetetif dan berdaya saing tinggi serta pengelolaan investasi dana bank syariah.

5. Memiliki kemampuan analisis kuantitatif dan kualitatif terhadap persoalan bank syariah sebagai dasar pengembangan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

6. Memiliki integritas moral, etika dan sikap profesional dalam berkarir di industri bank syariah.

Sejak dibuka tahun 2009sampai akhir semester ganjil Tahun Akademik 2013/2014, alumni S1 Jurusan/Program Studi Perbankan Syariah berjumlah 37 orang.

 

Dari uraian tersebut, kita melihat dinamika perkembangan jurusan yang diprogramkan dalam sejarah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari dengan dasar pertimbangan perkembangan keilmuan kesyariahan dan tuntutan masyarakat pengguna lulusan.

Demikianlah gambaran singkat tentang pertumbuhan dan perkembangan Fakultas Syariah dan Ekonomi IAIN Antasari Banjarmasin setelah melalui masa yang sangat panjang, mengalami pasang surut dan memperlihatkan gambaran grafik yang tidak selalu menaik. Lahirnya Fakultas Syariah dan Ekonomi IAIN Antasari Banjarmasin bukanlah secara kebetulan melainkan merupakan suatu perjuangan yang merupakan rangkaian usaha-usaha gigih dan tak henti-hentinya dari cita-cita yang tak pernah padam.