Home / Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana

Sarana dan Parasarana Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam

Untuk menunjang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam saat ini sudah memiliki sarana yang cukup memadai untuk pembelajaran dan terus mengupayakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana yang telah dimiliki.

Ruang perkantoran yang luas dan asri memiliki dua lantai terdiri dari 1 ruang dekan yang dilengkapi dengan 1 toilet pribadi, 3 ruang wakil dekan yang masing-masing juga dilengkapi dengan 1 toilet pribadi,7 ruang jrurusan/program studi, yakni: 1 ruang Jurusan/Program Studi Perbankan Syariah, 1 ruang Jurusan/Program Studi Ekonomi Syariah, 1 ruang Jurusan/Program Studi Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah, 1 ruang Program Studi Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah, 1 ruang Jurusan/Program Studi Perbandingan Mazhab, 1 ruang Jurusan/Program Studi Hukum Tata Negara/Siyasah, serta 1 ruang Program Studi D3 Perbankan Syariah, 1 ruang Kabag. TU, 1 ruang Administrasi dan Umum, 1 ruang pelayanan mahasiswa (Mikwa), 1 ruang Keuangan, 1 ruang Mushalla,  1 ruang perpustakaan, 1 ruang Pengelola Jurnal Syariah, Jurnal at-Taradhi dan Jurnal Konstitusi , serta 4 Ruang dosen yang luas lengkap dengan fasilitas pantry di dalamnya. Selain itu, ada pula ruang dapur pegawai, 4 toilet umum dan tempat wudhu yang bersih, serta sebuah mobil dinas dan parkir yang luas. Untuk kegiatan proses belajar mengajar, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islammemiliki 26 ruang kuliah kuliah dan 2 buah ruang untuk munaqasyah/seminar.

Luas jumlah ruang kuliah yang mencukupi untuk kegiatan proses belajar dan mengajar atau kegiatan akademik lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya diperlukannya penambahan ruang kuliah. Hal ini didasarkan pada semakin meningkatnya antusias masyarakat terhadap ekonomi syariah, sehingga berimbas semakin meningkat pula minat masyarakat untuk menjalani pendidikan di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang mendaftar di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dari tahun ke tahun. Tentunya hal ini harus diimbangi pula dengan peningkatan sarana perkuliahan yang bagus, yaitu dengan adanya penambahan ruang kuliah.

Setiap ruang kuliah telah tersedia sarana lengkap seperti bangku kuliah, white board, spidol, penghapus, meja dosen, kipas angin, portablekomputer (untuk Laboratorium Komputer) dan semua dalam kondisi baik, sehingga kenyamanan selama proses belajar dapat terjaga. Untuk menunjang pengajaran disediakan pula LCD dan OHP serta dilengkapi pula Power Centre Wireless Technology serta dilengkapi pula sarana penunjang seperti komputer khusus akses untuk mahasiswa, printer fhotocopy, kipas angin dan lain-lain.

Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas para mahasiswa, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam memiliki beberapa laboratorium, yaitu 1)  Laboratorium Komputer dengan 25 buah Komputer dalam kondisi baik dan semua terkoneksi internet, 2) Laboratorium Ilmu Falak dengan alat-alat laboratorium yang memadai untuk keperluan mahasiswa, seperti waterpass untuk mengukur ketinggian dan theodolit untuk mengukur sudut kemiringan, yang berguna untuk menentukan derajat ketinggian bulan dalam praktik penentuan awal bulan Ramadhan serta Syawal, 3) Laboratorium Keuangan Syariah yang menjadi wadah aplikasi keilmuan mahasiswa dalam bidang keuangan dan ekonomi syariah, dan 4) Bank Mini Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Sejak awal berdiri, Fakultas Syariah sudah memiliki perpustakaan dan memiliki buku-buku pustaka yang didapatkan dari sumbangan tokoh-tokoh pendiri IAIN, jemaah haji, para alumni dan masyarakat umum. Pada tanggal 1 April 2004 Perpustakaan Fakultas Syariah mulai dibenahi dan dikelola secara profesional menempati ruangan 8 m X 9 m berada di lantai II kantor Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Ruang perpustakaan yang nyaman ditunjang dengan koleksi buku yang banyak dan lengkap serta kitab-kitab klasik karya pemikir-pemikir Islam terdahulu, jurnal-jurnal nasional maupun internasional yang sangat memadai. Perpustakaan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pada tahun 2007 memiliki koleksi buku sebanyak 570 judul (1.750 eksemplar), sedangkan koleksi referensi berjumlah 1540 judul. Pada awal tahun 1913 jumlah koleksi perpustakaan meningkat menjadi 3578 buah buku dan pada awal tahun 2014 bertambah menjadi 3896 buah buku.

Sarana dan prasarana Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam lainnya sebagai bagian dari IAIN Antasari, antara lain mesjid, sarana olah raga dan seni, balai pengobatan, Auditorium, asrama mahasiswa, kafetaria/kantin, koperasi mahasiswa, Antasari Mart, laboratorium bahasa pada Pusat Pelayanan Bahasa yang berfungsi optimal dalam upaya pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi dosen maupun mahasiswa, dan lain-lain.